2017/02/21

Cara Mendaftar dan Jadwal SNMPTN 2017

Mendaftar pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2017 perlu ketelitian. Salah sedikit, dapat menjadi peluang kuliah di universitas negara yang diimpikan melayang. Supaya tidak salah langkah, simak tips pendaftaran SNMPTN seperti dikutip dari laman resmi SNMPTN 2017. 

1. Ketentuan pendaftaran 
Sebelum mendaftar, baca dulu arahan lengkap pendaftaran SNMPTN 2017 terhadap laman resminya. Pastikan anda memahami seluruh tahapannya sehinggatidak melakukan kesalahan. Kalau masih bingung, janganlah segan meminta bantuan melalui call center.

2. Verifikasi data
Pastikan anda telah memverifikasi data diri pada Pangkalan Data Siswa & Sekolah (PDSS). Kepala sekolah akan memberikan kata sandi yang dapat anda gunakanuntuk proses verifikasi ini. Butuh diingat, verifikasi wajib dilakukan supaya anda tidak rugi dikarenakan data yang diisikan sekolah salah.

3. Mendaftar online
Buka laman http://snmptn.ac.id untuk mendaftar secara online. Pastikan anda mengisi seluruh kolom dengan benar. Informasi yang diminta ialah biodata lengkap, pilihan perguruan tinggi negeri (PTN) & pilihan program studi (prodi). Anda pun akan diminta melampirkan dokumen berisi prestasi sewaktu masa sekolah, apabila ada. Tidak hanya itu, anda harus meng-upload foto resmi terbaru. Khusus untuk soal foto, ikuti ketentuan foto resmi yang diminta. Jangan sampai mengunggah fotoyang digunakan di media sosialmu.
Adapun persyaratan yang harus dilengkapi adalah : 
 
Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah: SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.


Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017 dan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :


a. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
  2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
  3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
  4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. 
 Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat.b. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
c. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS

d. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Penerimaan di PTN
Peserta diterima di PTN, jika:

  • lulus satuan pendidikan;
  • lulus SNMPTN 2017; dan
  • lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
4. Pilihan kampus & prodi 
  • Anda dapat pilih maksimal dua PTN. Jikalau miliki dua pilihan, maka salah satu universitas yang dipilih harus berasal dari provinsi yang sama dengan SMA-mu.Universitas yang lain bisa anda pilih di mana pun.
  • Panitia membolehkan pendaftar memilih sebanyak-banyaknya tiga prodi. ketentuannya, pada satu PTN maksimal dua prodi yang dipilih.
  • Ingat, urutan pilihan PTN & prodi menyatakan prioritas pilihan. Jadi, pertimbangkan dengan baik pilihanmu. Pendaftar dari SMK/MAK hanya diizinkan memilih prodi yang relevan & ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Simak daftar prodi pilihan di lamanresmi SNMPTN, ya! 


5.Prodi seni & olahraga 
Apabila memilih prodi keolahragaan & seni, maka anda wajib melampirkan portofolio juga dokumen pendukungnya. Pastikan kedua berkas tersebut telah disahkan Kepala Sekolah. Panduan pendaftaran & pengunggahan portofolio dapat juga didownload di laman http: //snmptn.ac.id. 


6.Kartu bukti 
Sesudah seluruh tahap pendaftaran dilalui & semua dokumen yang dibutuhkan didownload, maka anda dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran. Kartu ini adalah tanda bukti peserta SNMPTN. Jangan sampai hilang, ya! karena apabila lulus SNMPTN, maka kartu tersebut akan diperlukan dalam proses verifikasi data mahasiswa baru. 

7.Kelulusan 
PTN akan menyeleksi berkas semua pendaftar SNMPTN berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil seleksi ini akan diumumkan pada 26 April 2017. 

Seleksi pertama dilakukan oleh PTN pilihan pertamamu. Urutan seleksi di PTN pertama ini sesuai dengan urutan pilihan prodi. Nah, apabila anda memilih dua PTN & tak lulus dalam penyeleksian universitas pertama, sehingga seleksi akan dilakukan di PTN kedua sesuai urutan prodi & ketersediaan daya tampung.
Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2017 adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi 15 Maret - 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi26 April 2017


Informasi Tambahan :
  • Siswa Pendaftar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.
  • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2017 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

Untuk Informasi Resmi terkait SNMPTN 2017:
a. Dapat diunduh melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
b. Informasi resmi juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041 450 450.
c. Informasi juga dapat diperoleh di kantor Humas PTN terdekat.
d. Alamat Panitia Pusat:                                    Gedung dr. Prakosa (Lt.2)
                                    Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
                                    Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126
                                    Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
                                    Email: panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id



Semoga Bermanfaat