2021/03/16

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Resmi Beserta Contoh

Bekerja dengan nyaman dan mendapat penghasilan tentu saja menjadi salah satu keinginan setiap orang, namu terlepas dari itu ada saja beberapa hal yang menyebabkan seseorang untuk mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan. Namun masih banyak yang sering kebingungan untuk membuat surat pengunduran diri resmi dari pekerjaan.

Nah, kali ini MBPB akan memberikan solusi bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik berikut dengan contohnya. Langsung saja, perlu diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri beberapa point penting berikut ini !!

Point Penting Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri sangat penting bagi perusahaan, karena hal tersebut menjadi dokumen resmi tentang data keluar dan masuknya karyawan di perusahaan. Selain itu memperlihatkan bagaimana kamu sebagai karyawan bertika dalam bekerja. Dan point penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Alasan Pengunduran Diri

Dalam membuat surat pengunduran diri, yang harus diperhatikan adalah alasan keluar dari pekerjaan saat ini. Yang nantinya dapat disampaikan secara tertulis atau langsung kepada atasan atau bagian HRD.

2. Waktu Penyerahan Surat Pengunduran Diri

Waktu penyerahan adalah salah satu point penting juga dalam surat menyurat, dimana biasanya diserahkan minimal 2 minggu sebelum kamu berhenti. Alasannya adalah selain untuk memberikan waktu pada perusahaan untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan juga untuk mempersiapkan orang pengganti.

Bagian Surat Pengunduran Diri

Dalam surat pengunduran diri resmi terdapat beberapa bagian yang menjadi dasarnya tidak jauh surat menyurat biasanya namun lebih singkat jelas dan padat.

a. Pembuka Surat Pengunduran Diri

Dalam pembuka surat tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang pengunduran diri, karena ini surat resmi dan bukan curhat. Singkatnya langsung saja cukup tuliskan nama, posisi atau jabatan dan tanggal efektif bekerja.

Tidak diperlukan alasan kenapa keluar dari pekerjaan, hal itu bisa kamu utarakan langsung cukup ke atasan saja. Contoh pembuka surat :

Kepada Yth,

Bapak/ Ibu (Nama Bos atau Atasan atau HRD)

di tempat


Dengan hormat,

Melalui surat ini, ingin memberitahukan bahwa saya :

Nama : (Nama Kamu)
Jabatan : (Jabatan Terkahir)
NIK : (Nomor Induk Karyawan bila ada)

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi saya sebagai (Jabatan Terkahir) di PT (Nama Perusahaan). Hari terakhir saya adalah (Tanggal Terakhir Bekerja).

b. Ucapan Terimakasih

Pada bagian selanjutnya adalah ucapan terimakasih, bagaimana kamu menjelaskan hal kamu sukai dan pelajaran yang didapat selama bekerja dan catatan positif, buat sederhana namun keren, contohya :

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama (Lama Kerja) terakhir. Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk berkembang bersama pada (Tim atau Bagian Kerja). Banyak pelajaran yang sudah saya dapatkan selama ini dan tentu sangat bermanfaat untuk diri dan karir saya kedepannya.

c. Ucapan Perpisahan dan Penutup

Pada bagian akhir berikan ucapan perpisahan dan biasanya diisi dengan penyelasaian masa transisi. Tidak perlu menjanjikan hal yang tidak bisa di berikan, selain itu tentang penyelasian tugas-tugas yang menunjukan bagaimana tanggung jawab kamu hingga masa efektif kerja berakhir. Berikut contohnya :

Saya akan melakukan segala kemungkinan dalam menyelesaikan tugas-tugas saya dan melatih pengganti saya selama dua minggu kedepan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan selama ini saya mohon maaf dan berharap perusahaan terus sukses. Dan semoga kita bisa tetap menjaga komunikasi di masa depan.


Hormat saya,


(Nama Kamu)

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh surat pengunduran diri versi lengkapnya dibawah ini :

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Lengkap

Bandung, 08 Maret 2021


Kepada Yth,

Bapak Direktur PT Sarana Bahagia

di tempat


Dengan hormat,

Melalui surat ini, ingin memberitahukan bahwa saya :

Nama : Agus Bambang
Jabatan : Finance and Administration Supervisor
NIK : 112016027

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Finance and Administration Supervisor di PT Sarana Bahagia Cabang Bandung. Hari terakhir saya adalah Jumat, 26 Maret 2021.

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama lima tahun terakhir. Saya sangat menikmati dan menghargai peluang yang saya miliki untuk berkembang bersama pada divisi Finance and Administration. Banyak pelajaran yang sudah saya dapatkan selama ini dan tentu sangat bermanfaat untuk diri dan karir saya kedepannya.

Saya akan melakukan segala kemungkinan dalam menyelesaikan tugas-tugas saya dan melatih pengganti saya selama dua minggu kedepan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan selama ini saya mohon maaf dan berharap perusahaan terus sukses. Dan semoga kita bisa tetap menjaga komunikasi di masa depan.



Hormat saya,



Agus Bambang

Nah itulah perihal surat pengunduran diri yang bisa kamu jadikan contoh dalam membuat surat resign.