Surat Lamar Kerja adalah salah satu bentuk surat penawaran seorang pelamar kerja kepada perusahaan yang dituju sebagai bentuk formal penawaran kepada perusahaan, yang biasanya akan dilalui setiap orang saat pertama kali akan bekerja.
Untuk sebahagian orang yang sudah pernah bekerja dan pernah membuat sural lamaran kerja tentunya hal ini terlihat mudah, akan tetapi untuk orang yang belum pernah membuat surat lamaran kerja tentunya hal ini menjadi gampang-gampang susah.
Sebagai contoh anda dalam membuat Surat Lamaran Kerja Standar atau biasa digunakan pelamar kerja adalah sebagai berikut :
Contoh Surat Lamaran Kerja
Hal : Lamaran pekerjaan
Kepada Yth.
Bpk/Ibu Personalia
PT. Maju Makmur
Jl. Siliwangi No. 212 Purwaharja
Banjar
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Makmur yang saya dapatkan dari harian Radar Tasikmalaya pada tanggal 10 Mei 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Accounting Staff dengan kode (AS) di perusahaan PT. Maju Makmur.
Berikut ini adalah biodata singkat saya :
Nama : Jhon Kardun
Tempat / tgl. lahir : London, 17 Agustus 1987
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Akuntansi
Alamat : Jl. Langkap Lancar No. 50, Banjar
Email : jhon_kardun@gmail.com
Telepon (HP) : 085670856708567
Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Kemampuan berkomunikasi yang baik, teliti dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan.
Saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
- CV
- Daftar Riwayat Hidup
- Paklaring
- Foto Copy Ijazah S1
- Foto Copy Transkrip Nilai
- Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
- Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.
Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.
Hormat Saya,
Jhon Kardun
Note:
- Pergunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Buatlah CV yang baik dan menarik.
- Paklaring adalah surat pengalaman pernah bekerja, surat ini baik dilampirkan guna sebagai referensi tambahan yang bernilai tinggi.
- Email yang dilampirkan baiknya adalah nama lengkap anda seperti jhon_kardun@gmail.com, janganlah melampirkan email dengan alamat yang terlalu alay contoh : ch4y4nk_d14@yahoo.com. hal ini menunjukan bahwa anda terkesan bermain-main dengan hal yang penting.
- Jangan terlalu memaparkan diri terlalu jauh, ingat surat lamaran ini bersifat formal dan wajar.
- Lampirkan Foto dengan pose wajar, bukan foto selfie
Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Paklaring, CV Sekian informasinya semoga bermanfaat.