2017/02/22

Universitas dengan Penerapan Metode E-Learning

 Hal yang melatar belakangi penerapan metode E-learning :

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh oleh Perguruan Tinggi.

Pendidikan Jarak jauh yaitu : Pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan kegiatan pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi, komunikasi dan media lain.

Lantas apakah itu E-Learning, E-Learning merupakan kependekan dari elektronik learning. E- Learning sering diartikan sebagai proses belajar yang menggunakan komputer atau internet. Sehingga memungkinkan Pengajar dapat mengajar walaupunberada di lain tempat.

Universitas Dengan Penerapan Metode E-learning

Dibawah ini ada beberapa Universitas terkemuka di Indonesia, Universitasdengan Penerapan Metode E-Learning antara lain :

1. UNIVERSITAS GAJAH MADA

Universitas Gajah Mada telah mengembangkan "E-Learning system for academiccommunity" yang disebut Elisa. Program tersebut di pimpin oleh KoordinatorE-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM)Herman Saksono di Yogyakarta.

Program di akses untuk pembelajaran secara online dengan mendownload bahankuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan mahasiswa.

Program ini dikembangkan oleh Tim Inherent UGM dapat diakses oleh mahasiswadan dosen.

http://i-elisa.ugm.ac.id/

2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Institut Teknologi Bandung telah mengembangkan portal kuliah online Portaltersebut dinamakan "Blended Learning ITB". Sistem Blended Learning ITB adalahportal pembelajaran berbasis ICT di ITB . Portal ini menyediakan kontendigital bahan pembelajaran yang digunakan oleh para dosen ITB untukmenyampaikan materi kuliahnya.

Ratusan bahan pembelajaran dari para dosen ITB tersebut tersedia dan dapat diakses dari portal Blendedlearningini.

Proses pembelajaran Blended Learning ITB, diawali di kelas pada masing-masingsemester, kemudian dilanjutkan dengan media Blended Learning ITB untukpendalaman materi dan diskusi.

http://blendedlearning.itb.ac.id/

3. UNIVERSITAS INDONESIA

Universitas Indonesia "Computer Learning Resources" (CLR) telah mengembangkansistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) "Computer Mediated Learning" (CML) dan"Student Centered E-Learning Environment". CML merupakan salah satu E-LearningManagement System untuk memediasi metode pembelajaran learner centeredkhususnya metode Collaborative Learning (CL) dan Problem-based Learning (PBL)."Student Centered E-Learning Environment" merupakan pembelajaran online untukmahasiswa.

Karakteristik e-Learning yang dapat diakses oleh pengguna (dosen maupunmahasiswa) dari mana saja (anywhere) dan kapan saja (anytime) sangat menunjangpenyelenggaraan pendidikan secara jarak jauh.

http://cml.ui.ac.id/

http://scele.ui.ac.id/

4. UNIVERSITAS GUNADARMA

Universitas Gunadarma telah mengembangkan E-Learning. Pelaksanaan kegiatanpembelajaran di Universitas Gunadarma didukung oleh 9 unit kerja, di sampingperangkat program studi, yang secara struktural bertanggung jawab langsungkepada Rektor. Setiap unit kerja dilengkapi dengan beberapa unit kerja yanglebih operasional.

Sebagian unit kerja berafiliasi dengan satu fakultas sedangkan yang lainnyamelayani kegiatan Universitas Gunadarma secara keseluruhan. Gambar di bawahini menunjukkan struktur organisasi Universitas Gunadarma.

E-Learning diawas BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi)Gunadarma, dengan sub bagian pengerjaan yaitu Pusat Pembelajaran Eletronis(ELC, e-Learning Center).

http://elearning.gunadarma.ac.id/

5. UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Universitas Brawijaya E-Learning

http://elearning.fia.ub.ac.id/

http://elearning.fp.ub.ac.id/

http://elearningfeb.ub.ac.id/

6. UNIVERSITAS DIPONEGORO

Universitas Diponegoro telah mengembangkan sistem kuliah online dikenal"Kul-on". Digunakan sebagai media pembantu materi pembelajaran, memberikanwaktu yang fleksibel untuk mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhankegiatan pembelajaran terstruktur dan mandiri di luar tatap muka bagimahasiswa.

http://kulon.undip.ac.id/

7. INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Institut Pertanian Bogor E-Learning

http://estella.mb.ipb.ac.id/

http://e-learning.skpm.ipb.ac.id/

http://icampus.mb.ipb.ac.id/

8. UNIVERSITAS TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

Universitas Sebelas Maret E-Learning.

Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa dilingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapatmengikuti kuliah yang diselenggarakan di ITS. Penggagas virtual class di ITSini dilakukan oleh bidang satu. Pembantu rektor 1 dan jajarannya dan FakultasTeknologi Informasi ditunjuk sebagai unit untuk melakukan pengembangan virtualclass.

http://share.its.ac.id/

9. UNIVERSITAS PADJADJARAN

Universitas Padjadjaran telah mengembangkan kuliah online "E-Learning Center"serta E-Learning dengan fasilitas "Virtual Based Learning" (Vabel).

Fasilitas e-Learning dengan kekayaan modul kuliah online yang tersedia dapatsemakin membuka wawasan pengetahuan mahasiswa karena dapat mengakses materikuliah lintas disiplin. Sekaligus merupakan tantangan bagi para dosen untukmenghasilkan materi ajar yang berkualitas karena tidak hanya bisa dinikmatioleh mahasiswa di ruang kelas saja tetapi juga masyarakat umum.

http://elearning.unpad.ac.id/kuliahonline/

10. UNIVERSITAS AIRLANGGA

Universitas Airlangga E-Learning dikenal dengan "Airlangga Universitye-Learning Application" (AULA).

Proses belajar-mengajar yang dilaksanakan secara online melalui media internetdan intranet ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalampenguasaan materi yang sedang dipelajari dan memberikan pengalaman belajardalam memanfaatkan media internet.

http://aula.unair.ac.id/

Semoga bermanfaat